logo dinkes

Dinas Kesehatan
Kabupaten pandeglang

OPENING MEETING RE-AKREDITASI PUSKESMAS PANIMBANG

OPENING MEETING RE-AKREDITASI PUSKESMAS PANIMBANG

Pandeglang – Kegiatan survei re-akreditasi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi (KMKP) di Puskesmas Panimbang ,pada Rabu (01/11/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Hj. EniYati, SKM., M. Kes bersama tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang menghadiri kegiatan Opening Meeting Re-Akreditasi UPT Puskesmas Panimbang,

UPT Puskesmas Panimbang menjalani survei re-akreditasi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang dilakukan oleh Komisi Mutu Kesehatan Primer (KMKP) secara daring, terdapat beberapa poin yang dinilai.

Pengaturan akreditasi puskesmas bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien;
  2. Meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya, serta puskesmas sebagai institusi; dan
  3. Meningkatkan kinerja puskesmas dalam pelayanan kesehatan perseorangan dan/atau kesehatan masyarakat.

Penyelenggaraan akreditasi puskesmas dilakukan melalui tahapan survei akreditasi dan penetapan akreditasi. Dalam menyelenggarakan akreditasi dapat dilakukan pendampingan dan penilaian praakreditasi. dan puskesmas yang telah terakreditasi wajib mendapatkan pendampingan pascaakreditasi. Survei akreditasi dilakukan oleh surveyor akreditasi dari lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri.

Kadinkes Hj. EniYati, SKM., M. Kes berharap untuk proses re-akreditasi ini diharapkan dapat memperoleh hasil Paripurna.

“Harapan kami dapat hasil Paripurna dengan upaya dan peningkatan layanan yang terus dilakukan untuk pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kami ingin masyarakat dapat nyaman dan mudah mengakses pelayanan di Puskesmas Panimbang” lanjutnya.

Dalam proses re-akreditasi, terdapat sejumlah aspek penilaian yaitu Tata Kelola Sumber Daya (TKSD), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

Featured Articles

Featured video

Play Video
Watch Dr. Paul Harris talk about family health care practice and his patient-centered approach

Healthy Newsletter

Quo ea etiam viris soluta, cum in aliquid oportere. Eam id omnes alterum. Mei velit