Penggalangan Komitmen Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tinkat Kabupaten Pandeglang, dilaksanakan pada hari rabu tanggal 06 Juli 2022 bertempat di S’Rizky Hotel Pandeglang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Ibu Hj. Raden Dewi Setiani, Amd.Keb,S.Sos,MA menyampaikan Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah upaya yang dilakukan oleh Pemerintah untuk melindungi anak dari penyakit Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis atau batuk rejan, Hepatitis B, Campak, dan Rubela dengan memberikan imunisasi tambahan Campak Rubela bagi seluruh sasaran sesuai ketetapan dan imunisasi polio (OPV dan IPV) serta DPT-HB-Hib apabila anak belum lengkap status imunisasi sebelumnya.

Sebagai bagian dari masyarakat global, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai target/goal global seperti mencapai eliminasi campak- rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2023 serta mempertahankan Indonesia Bebas Polio dan mewujudkan Dunia Bebas Polio pada tahun 2026.

Upaya penting dalam mencapai eliminasi campak-rubela/CRS, selain penguatan imunisasi rutin tentunya, adalah dengan melaksanakan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela yang sifatnya massal dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya bagi sasaran prioritas yang telah ditetapkan. Begitu juga dengan pencapaian eradikasi polio global, dibutuhkan upaya imunisasi kejar IPV1 untuk menutup kesenjangan imunitas dan memastikan anak-anak terlindungi dari virus polio tipe 2.

Sehubungan dengan hal itu, dibutuhkan suatu upaya kolaboratif terintegrasi yang dapat mengharmoniskan kegiatan imunisasi tambahan dan imunisasi kejar guna menutup kesenjangan imunitas di masyarakat Pandeglang. Upaya tersebut dilaksanakan melalui kegiatan yang dinamakan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kabupaten Pandeglang.

Tujuan Kegitan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), adalah untuk :

  1. Mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi dan merata sebagai upaya mencegah terjadinya KLB PD3I
  2. Melaksanakan kegiatan imunisasi tambahan berupa pemberian satu dosis imunisasi campak-rubela secara massal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya kepada sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan 59 bulan
  3. Melaksanakan kegiatan imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 bulan sampai dengan 59 bulan

Adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, yang cukup signifikan. Hal ini menyebabkan jumlah anak- anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak.

Dalam rangka menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional tahun 2022, Bupati Kabupaten Pandeglang Ibu Hj. Irna Narulita, SE.MM  mengajak Organisasi Masyarakat Sipil, Organisasi Keagamaan, Tim Penggerak PKK, Organisasi Profesi Kesehatan, Lembaga-Lembaga Swadaya Masyarakat, BUMN, BUMD, Dunia Swasta untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai 01 Agustus-31 Agustus 2022, selama satu bulan di seluruh Posyandu dan Puskesmas di Kabupaten Pandeglang.

Leave a Reply