Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Kesehatan  melaksanakan advokasi GERMAS lintas sektor dan ditindaklanjuti oleh puskesmas di tingkat kecamatan.

Pelaksanaan GERMAS perlu di advokasikan tujuannya adalah untuk meningkatkan peran masyarakat untuk menerapkan GERMAS dalam kehidupan sehari hari, dan diharapkan peran lintas sektor dapat menggerakan masyarakat untuk aktif berperilaku hidup sehat.

Dasar Hukum nya adalah Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017  tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan  Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2017 tentang Pedoman umum Pelaksanaan Gerakan masyarakat Hidup Sehat

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat, aksi GERMAS ini diikuti dengan memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat terwujud.

Rencana kegiatan GERMAS masuk kedalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah, penyusunan rencana kegiatan difokuskan untuk mencapai 6 (enam) tujuan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yaitu : 1. Peningkatan aktivitas fisik, 2. Peningkatan perilaku hidup sehat, 3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, 4. Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, 5. Peningkatan kualitas lingkungan, 6. Peningkatan edukasi hidup sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Hj. Raden Dewi setiani,Amd.Keb, S.Sos, MA terus menghimbau kepada Puskesmas untuk   melaksanakan advokasi GERMAS lintas sektor dan melaksanakan kegiatan GERMAS diwilayah kerja puskesmas, dan hal ini ditindaklanjuti oleh 36 Puskesmas di Kabupaten Pandeglang, melaksanakan advokasi GERMAS lintas sektor tingkat kecamatan di wilayah kerjanya masing masing.

Kepala Dinas menyampaikan pula, ” kami  setiap hari selasa melaksanakan aktivitas fisik setelah apel pagi dengan jalan santai sekitar 4 Km berkeliling ke wilayah terdekat, memberi contoh langsung kepada masyarakat, dengan rute berubah setiap minggunya.

Diwilayah Kecamatan Pandeglang terdapat dua puskesmas (puskesmas Pandeglang dan puskesmas Cikupa) melaksanakan advokasi GERMAS dengan mengundang lintas sektor pada hari selasa, 28 Juni 2022, di kantor Kecamatan Pandeglang, pada kegiatan tersebut Camat Pandeglang Dra. Hj. Neneng Nuraeni, M.Pd mengatakan kegiatan Germas agar menjadi salah satu  budaya baik di tengah masyarakat, dengan menjalani pola hidup sehat : melakukan aktivitas fisik, budaya mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan jamban sehat dan menjaga kesehatan jiwa. lebih lanjut Camat Pandeglang menyampaikan bahwa didalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat mensana in corporesano, lakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit supaya badan sehat.

Setelah melaksanakan advokasi GERMAS dilanjutkan dengan kegiatan praktek CTPS (cuci tangan pakai sabun), senam bersama dan pemeriksaan kesehatan yang diikuti oleh lintas sektor, kader dan masyarakat di halaman kantor kecamatan Pandeglang.

 

Leave a Reply