Dalam rangka menghadapi arus mudik, arus balik  dan libur hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang mengadakan Posko Kesehatan 24 jam di 36 Puskesmas, 2 Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Pandeglang, serta 2 Posko tambahan, Posko tambahan ini gabungan antara TNI, POLRI, DINKES, DISHUB, SAT POL PP dan PRAMUKA, bertempat di Alun-alun Pandeglang dan Karang Sari Carita. Selain pelayanan kesehatan, Posko juga melayani vaksinasi covid-19 dosis 1, dosis 2 dan booster. Posko diadakan mulai tanggal 25 April 2022 sampai 8 Mei 2022, untuk pelayanan vaksinasi mulai jam 08.00 – 12.00 WIB

Kepala Dinas Kesehatan R. Hj. Dewi Setiani,Amd.Keb, S.Sos, MA beserta jajarannya di Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang melakukan monitoring ke posko memantau kesiapan petugas, logistik serta jadwal petugas jaga posko. Pada moment mudik dan libur hari raya 1443 H Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi Perjalanan mudik sehat, aman dan nyaman serta himbauan vaksinasi ditempat pelayanan vaksinasi yang disediakan melalui spanduk, media sosial dan penyuluhan keliling.

Selama pelaksanaan Posko Kesehatan tercatat terjadi kecelakaan lalu lintas di beberapa lokasi, baik  antar kendaraan roda 2, kendaraan roda 4, pejalan kaki, bahkan kecelakaan tunggal.  143 KLL, dengan 133 kasus luka ringan-sedang, 10 kasus luka berat dan 2  meninggal dunia. 12 kasus dirujuk ke Puskesmas dan 4  dirujuk ke RS.

Untuk pemudik saat perjalanan yang mengalami gangguan kesehatan  berobat ke Posko Kesehatan tercatat sebanyak 1.822 orang.  Dari jumlah tersebut, 97 orang dirujuk ke Puskesmas serta 3 orang dirujuk ke RS.

Leave a Reply