Download
Download is available until [expire_date]
  • Version
  • Download 6
  • File Size 1.88 MB
  • File Count 1
  • Create Date July 20, 2022
  • Last Updated July 20, 2022

Strategi Komunikasi Nasional Imunisasi 2022-2025

Imunisasi sudah terbukti menjadi salah satu upaya paling efektif untuk mengendalikan dan menghilangkan penyakit menular yang dapat mengakibatkan kematian. Pada anak, imunisasi memberikan dampak yang signifikan karena bermanfaat untuk mencegah berbagai resiko dan melindungi anak dari berbagai penyakit menular sejak dini.

Namun demikian, lebih dari 1,7 juta anak di indonesia belum mendapat imunisasi lengkap sepanjang tahun 2019-2021. Secara nasional, hanya enam provinsi yang dapat memenuhi target cakupan imunisasi sebesar 93,6% di tahun 2021.

Dalam rangka menjawab berbagai tantangan terkini dan mendukung upaya pencapaian target imunisasi, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan dengan dukungan dari UNICEF meluncurkan dokumen Strategi Komunikasi Nasional Imunisasi untuk periode 2022-2025, menggantikan Strategi Komunikasi Nasional Imunisasi tahun 2013-2015.

Sebagai pembaharuan dari Strategi Komunikasi sebelumnya, Strategi Komunikasi terkini menekankan pada prinsip peningkatan permintaan (demand-generation) berdasarkan perspektif orang tua serta pengasuh pertama (people-centered) sebagai target sasaran imunisasi.

Dikembangkan dengan menggunakan kerangka kerja The Journey to Health and Immunization, strategi komunikasi terbaru akan berkontribusi pada pencapaian target imunisasi nasional untuk memenuhi target RPJMN 2024 dengan tiga (3) tujuan umum dan sebelas (11) tujuan spesifik, guna mengatasi permasalahan perilaku kunci pada kelompok sasaran. Strategi Komunikasi Nasional ini lima (5) pendekatan komunikasi untuk menyampaikan pesan kunci yang sesuai dengan permasalahan pada masing-masing kelompok sasaran dengan pemanfaatan berbagai kanal dan saluran komusikasi terkini, termasuk pemanfaatan media sosial, digital dan interaktif.

Mari pastikan anak-anak Indonesia mendapatkan imunisasi lengkap, untuk perlindungan sepanjang hayat.

 

Leave a Reply