Pertemuan Koordinasi Lintas Program Triple Eliminasi (Hiv, Sifilis, Hepatitis) Kabupaten Pandeglang Tahun 2022

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi lintas program sehingga deteksi dini dan penanganan dini HIV, Sifilis dan Hepatitis B dapat dilakukan secara komprehensif dan berkualitas serta adanya peningkatan komitmen pencegahan dan pengendalian secara efektif dan efisien.

Triple Eliminasi merupakan program yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menanggulangi penularan HIV (Human immunodeficiency virus), sifilis dan hepatitis B pada ibu hamil kepada bayinya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadopsi dari program WHO (World Health Organization) bernama triple elimination. Dengan adanya kegiatan preventif berupa pelaksanaan tes HIV, hepatitis B, dan sifilis saat pemeriksaan kehamilan atau antenatal care (ANC).

Eliminasi penularan HIV, Sifilis dan Hepatitis B bersama sama atau yang sering disebut “Triple eliminasi” ini dilakukan untuk memastikan bahwa sekalipun ibu terinfeksi HIV, Sifilis dan atau hepatitis B sedapat mungkin tidak menular ke anaknya, sehingga akan menurunkan angka kematian dan kecacatan, meningkatkan kualitas hidup dan menekan pembiayaan pelayanan kesehatan karena penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Hj. R. Dewi Setiani,Amd.Keb,S.Sos,MA menyampaikan bahwa kegiatan koordinasi ini ingin menyelaraskan kegiatan program pada setiap tingkatan sehingga tidak ada perbedaan hasil cakupan, meningkatkan cakupan program sehingga dengan demikian tujuan program dapat tercapai.

Kegiatan koordinasi ini menghadirkan narasumber tenaga ahli dr. H. Suradal,  Sp.OG direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Bunda. Peserta dari kegiatan  ini adalah Bidan Koordinator Puskesmas, Pengelola Program HIV Puskesmas, Pengelola Program Hepatitis Puskesmas dari 36 puskesmas di Kabupaten Pandeglang serta Seksi P3M  dan Seksi KIA – Gizi pada Dinas Kesehatan Kab. Pandeglang.

Leave a Reply