Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Kesehatan Kabupaten Pandeglang (UPT Labkesda Kabupaten Pandeglang) merupakan sarana kesehatan yang berperan dalam pelayanan pembangunan kesehatan sebagai upaya terciptanya kesehatan masyarakat dan perorangan.

UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah dipimpin oleh seorang Kepala UPTD yang secara adminitratif bertanggung jawab kepada Sekretaris dan secara teknis operasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan.

Landasan Hukum Operasional UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah yaitu Peraturan Pemerintah RI Nomor : 47 Tahun 2016 Tentang : Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 1267/Menkes/SK/XII/2004 Tentang : Standar Pelayanan Laboratorium Dinas Kesehatan  Kabupaten/Kota

UPT. Labkesda Pandeglang sudah terakreditasi penuh dari KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan). Tujuan akreditasi laboratorium adalah pengakuan kepada Laboratorium kesehatan yang telah mencapai tingkat pelayanan kesehatan sesuai dengan standard yang telah ditetapkan, memberikan jaminan kepada petugas laboratorium kesehatan bahwa semua fasilitas telah memenuhi standard sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu, dan memberikan jaminan dan kepuasa kepada pelanggan dan masyarakat.

Labkesda Kab. Pandeglang memiliki dua Laboratorium utama :

  1. Laboratorium Klinik

Laboratorium Klinik merupakan Laboratorium pelayanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik atau mikrobiologi klinik. Masyarakat dapat memeriksakan kondisi kesehatan melalui pemeriksaan darah seperti gula darah, asam urat, ureum, kreatinin, kolesterol, HDL, LDL, SGOT, SGPT, Trigliserida dan pemeriksaan urine berupa pemeriksaan urine lengkap dan Tes Narkoba dengan 6 parameter.

Selain itu ada pula pemeriksaan serologi berupa Tes widal, Tes kehamilan, anti HIV, Dengue Blood dan HbsAg. Nantinya berdasarkan hasil dari pemeriksaan tersebut, dapat membantu upaya diagnosis penyakit yang dialami pasien, seperti misalnya gangguan penyakit metabolisme lemak, gangguan diabetes, gangguan fungsi ginjal, fungsi hati, jantung dll.

  1. Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Laboratorium kesehatan masyarakat adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika dan kimia air serta pemeriksaan makanan berupa pengawet, pemanis dan pewarna. Dengan adanya pemeriksaan pada laboratorium Kesehatan Masyarakat diharapkan akan menunjang upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.

UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah bertugas untuk melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan atau kegiatan teknis Dinas di bidang pelayanan kesehatan.

Dalam menjalankan tugasnya Laboratorium Kesehatan Daerah menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja UPTD
  2. Palaksanaan pelayanan pemeriksaan hematologi
  3. Palaksanaan pelayanan pemeriksaan kimia klinik
  4. Palaksanaan pelayanan pemeriksaan mikrobiologi
  5. Palaksanaan pelayanan pemeriksaan kimia air
  6. Palaksanaan pelayanan pemeriksaan kimia lingkungan ( air limbah )
  7. Palaksanaan pelayanan pemeriksaan biologi
  8. Palaksanaan pelayanan pemeriksaan fisika
  9. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian mutu pelayanan laboratorium
  10. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan UPT
  11. Pelaksanaan pengelolaan adminitrasi penerimaan UPTD
  12. Pelaksanaan ketatausahaan UPT
  13. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan / atasan sesuai dengan tugas dan fungsi serta tanggung jawab kewenangannya.

 

UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Pandeglang senantiasa meningkatkan kualitas dan pelayanan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Leave a Reply