Dinas Kesehatan Provinsi Banten bersama DPRD Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Sosialisasi Desa Siaga Sehat Jiwa di empat desa di Kecamatan Cadasari dan du Kelurahan di Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang, Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 23 juni 2022.

Desa siaga sehat jiwa adalah desa yang masyarakatnya sadar, mau, dan mampu serta mempuya nyai komitmen bersama untuk melakukan upaya-upaya dalama kesehatan jiwa. Tujuanya, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan jiwa, meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap risiko dan bahaya kesehatan jiwa, meningkatkan dukungan dan peran aktif Pemangku kepentingan, serta masyarakat desa dalam melaksanakan perilaku sehat.

Dalam pelaksanaan kegiatan kesehatan jiwa ini masih ada beberapa kendala diantaranya, masih kurangnya Pemantau Minum Obat (PMO) dan keluarga masih kurang kooperatif dalam pengawasan ODGJ di rumah.

sejauh ini Dinas Kesehatan telah melakukan upaya – upaya diantaranya, dengan meningkatkan kemandirian keluarga dalam perawatan ODGJ di rumah, membentuk Kader Kesehatan Jiwa (KKJ) di beberapa Desa/Kelurahan, yang melibatkan semua Pemangku Kepentingan yang ada dimasyarakat.

Dari pelayanan kesehatan jiwa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, melalui 36 Puskesmas yang telah mencapai target SPM yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Leave a Reply