Peringatan ASEAN DENGUE DAY (ADD) tanggal 15 juni 2022, Kabupaten Pandeglang mengambil bagian pada peringatan tersebut, basmi dengue dengan PSN dan 3 M Plus.

Rangkaian kegiatan berupa pemasangan media edukasi seperti spanduk dan poster yang berisi informasi  tentang 3 M plus (menguras, menutup, mengubur dan menghindari gigitan nyamuk) dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) sebagai cara utama untuk mencegah demam berdarah dengue, melalui pemeriksaan jentik nyamuk aedes dan pelaksanaan PSN dengan bergotong royong membersihkan lingkungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Hj. R. Dewi setiani,Amd.Keb, s.sos, MA mengatakan Kegiatan ini dilakukan secara serentak oleh 36 Puskesmas sekabupaten Pandeglang bersama sama masyarakat sejak tanggal 13 Juni 2022, upaya ini diharapkan mampu berkontribusi dalam mencegah terjadinya kasus demam berdarah dengue  diwilayah Kabupaten Pandeglang,  Kepala dinas menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tidak membiarkan adanya genangan air, tidak membuang sampah sembarangan agar kebersihan dan kesehatan lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Lebih lanjut Kepala Dinas menyampaikan bahwa kasus DBD di kabupaten Pandeglang setiap bulannya turun secara signifikan, ini artinya masyarakat mulai paham bahwa gerakan PSN lebih efektif dan tidak memerlukan biaya dibandingkan harus fogging.

Dinas Kesehatan dan puskesmas terus mensosialisasikan kegiatan ini secara masif  bersama lintas sektor supaya kasus DBD di Kabupaten Pandeglang dapat diminimalisir.

 

 

 

Leave a Reply