Pemerintah Kabupaten Pandeglang melakukan berbagai upaya dalam pencegahan dan penurunan stunting, diantaranya melalui intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Jumat, 10 Juni 2022 dilakukan rapat koordinasi aksi satu konvergensi percepatan penurunan stunting yang dihadiri oleh OPD terkait, Kepala Bappeda Drs. H. Iskandar, MM memimpin jalannya rapat koordinasi tersebut, beliau terus mengingatkan kepada peserta untuk terus berupaya agar angka stunting di Kabupaten Pandeglang dapat dieliminir melalui intervensi spesifik dan intervensi sensitif.  Rapat koordinasi ditunda sebentar untuk melaksanakan solat jumat dan dilanjutkan kembali setelahnya,  Kepala Bappeda memantau dan melakukan diskusi dengan peserta sampai  acara selesai.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang hingga akhir tahun 2024, mempunyai target penurunan prevalensi stunting hinga angka 23,84 % atau 14 % selama 3 tahun, sehingga mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Banten guna mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pandeglang, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia melakukan pendampingan terpadu percepatan penurunan stunting di provinsi banten belum lama ini.

Pemerintah kabupaten pandeglang telah mengeluarkan surat keputusan bupati pandeglang nomor 440.05/kep.102-huk/2022 tentang pembentukan tim percepatan penurunan stunting (TPPS) Kabupaten Pandeglang tanggal 25 maret 2022, terdiri dari tim  pengarah, tim pelaksana dan bidang bidang yang memberikan pelayanan intervensi spesifik dan intervensi sensitif, tim koordinasi percepatan penurunan stunting  bekerja secara maksimal untuk melaksanakan aksi cegah stunting sesuai dengan pilar-pilar yang menjadi tanggung jawabnya.

Kabid Kesmas dinas Kesehatan Kab. Pandeglang Encep Hermawan, SKM menyampaikan bahwa upaya konvergensi percepatan pencegahan stunting dilakukan mulai dari tahap perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi seluruh OPD terkait.

 

Leave a Reply