Tim Percepatan penurunan stunting 2022 melakukan pendampingan terpadu di provinsi Banten,

Kabupaten Pandeglang menjadi tempat pelaksanaan Kegiatan, pendampingan penurunan stunting oleh tim percepatan penurunan stunting 2022.

 

Dalam sambutannya Plt Sekda Kabupaten Pandeglang H. Taufik Hidayat, M.Si mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Kegiatan di Kabupaten Pandeglang yang bertempat di Hotel Horison Altama, pada kesempatan tersebut beliau mengajak semua pihak mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pandeglang dengan bersama sama memberikan pengawalan, meningkatkan koordinasi dan sikronisasi terhadap keberhasilan pencegahan dan penurunan stunting.

 

Upaya Pemerintah Daerah dengan Konvergensi Stunting adalah dengan :

  1. Menerbitkan regulasi terkait upaya pencegahan dan penanganan stunting
  2. Melaksanakan rembuk stunting
  3. Melaksanakan rapat koordinasi tim percepatan penurunan stunting
  4. Bekerjasama dengan berbagai pihak (OPD terkait, akademisi, media, dunia usaha dan ormas)
  5. OPD terkait melaksanakan aksi cegah stunting sesuai peran dan tugas fungsinya masing-masing.

 

Inovasi Kabupaten Pandeglang dalam Aksi Cegah Stunting :

  1. PANGLING: Pandeglang Peduli Stunting (Dinkes)
  • SARITA: Selasa Berseri Tanpa Anemia

Gerakan setiap hari Selasa di setiap sekolah SMP, SMA dan sederajat remaja putri minum TTD setelah sarapan, kemudian ada pemberian edukasi

  • SARITA SANTIK: Selasa Berseri Tanpa Anemia Bersama Santriwati Cantik

Kegiatannya sama dengan SARITA hanya sasrannya adalah remaja putri yang ada di pondok pesantren baik modern maupun salafiah (Ponpes terpilih: Kecamatan Majasari, Menes dan Labuan)

  1. SEUPAN CAU: Sehat Untuk Pandeglang Cegah Kematian Anak dan Ibu (Dinkes)
  • RABU UNTUK IBU : setiap hari rabu bidan desa mengunjungi ibu hamil
  • BERKAH: Bersalin Kuat Aman Hidup, ibu bersalin di fasilitas pelayanan kesehatan
  • AKSI EMAK CERDIK: Aksi Edukasi Masyarakat CERDIK, kegiatannya senam bersama dan ada pemeriksaan kesehatan (TD, pemeriksaan gula darah, kolesterol dll)
  1. RUMAH ANAK SIGAP (Dinas Pendidikan)
  2. KAMPUNG ANAK SEJAHTERA (DP2KBP3A)
  3. TANAMAN BUMBU PEKARANGAN (Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan)
  4. PELOPOR CEGAH STUNTING (Dinas sosial)

 

Dengan dibentuknya Tim Percepatan Penurunan Stunting  komitmen Bupati Pandeglang  siap melakukan program pendampinginan agar ada penurunan kasus stunting,

mengacu kepada amanat Perpres nomor 72 tahun 2021 tentang Perceptan Penurunan Stunting, bahwa dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, dilakukan percepatan penurunan stunting.

 

kegiatan Pendampingan Terpadu Percepatan Penurunan Stunting di Kabuapten Pandeglang yang diselenggarakan oleh Kemenko PMK bersama Tim Percepatan Penuruan Stunting (TPPS) Provinsi Banten dalam rangka penguatan percepatan stunting di Kab Pandeglang. Kegiatan ini berfokus pada kegiatan FGD dan coaching clinic dengan melibatkan lintas sektor diantaranya TPPS Provinsi Banten,TPPS Kab Pandeglang dari kecamatan hingga desa.

 

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Hj. R. Dewi Setiani, Amd.Keb, S.Sos, MA bersama ketua TP.PKK Kabupaten Pandeglang menghimbau agar kelompok dasa wisma dapat lebih aktif berkoordinasi dan berkolaborasi dengan institusi terkait  dalam upaya mencegah stunting.

Leave a Reply