dinas kesehatan kabupaten pandeglang melalui seksi kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan kesehatan olahraga bidang kesehatan masyarakat menyelenggarakan sosialisasi dalam rangka percepatan penghapusan alkes bermerkuri di kabupaten pandeglang tahun 2022.

upaya penghapusan alat kesehatan bermerkuri ini adalah untuk mewujudkan fasilitas pelayanan kesehatan yang bebas dari alat kesehatan bermerkuri dalam upaya melindungi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Merkuri merupakan polutan persisten yang memiliki karakteristik toksik, bioakumulasi, berdampak luas dan tersebar melalui udara, air tanah dan makanan.

Dasar Hukum kegiatan ini adalah

  1. peraturan presiden nomor 21 tahun 2019 tentang rencana aksi nasional pengurangan dan penghapusan merkuri, mengamanahkan kepada semua pihak yang terkait untuk melaksanakan langkah-langkah pengurangan dan penghapusan merkuri, mengingat dampak negatifnya terutama dampak kesehatan.
  2. peraturan menteri kesehatan nomor 41 tahun 2019 tentang penghapusan dan penarikan alat kesehatan bermerkuri di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan ibu Hj. Raden Dewi Setiani Amd.Keb, S.Sos, MA menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan peserta pertemuan ini adalah  para pemanggku kebijakan di lingkungan pemerintah daerah, oraganisasi profesi kesehatan, asosiasi klinik kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta, dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 100 orang.

 

Leave a Reply